Rabu, 19 Juni 2013

SISTEM PEMBAYARAN REKENING LISTRIK SECARA ONLINE















PT. PLN (Persero) merupakan perusahaan yang bergerak pada bidang jasa kelistrikan yang tujuan utamanya adalah pada kepuasan pelanggan. Sistem pengendalian Intern pada sistem PRAQTIS perlu diperhatikan, karena Sistem Pengendalian Intern yang berfungsi dengan baik sesuai dengan yang ditetapkan, akan mempengaruhi secara langsung terhadap tujuan perusahaan.


Sistem pembayaran listrik yang berlaku di PT. PLN terdiri dari beberapa cara yang umum dilakukan oleh masyarakat. Pada umumnya sebelum melakukan pembayaran, pelanggan terlebih dahulu mengetahui tagihan listrik yang dikenakan kepada pelanggan.

Tagihan listrik adalah perhitungan biaya atas pemakaian daya dan energy listrik serta tagihan-tagihan lainnya yang berhubungan dengan pemakaian tenaga  listrik setiap bulan oleh pelanggan. Setelah mengetahui jumlah tagihan yang harus dibayarkan oleh pelanggan, lalu hal yang dilakukan adalah melakukan pembayaran listrik. Dalam hal sitem pembayaran listrik tersebut, PT. PLN menerapkan beberapa sistem pembayaran listrik yang berlaku, yaitu :
1.      Pembayaran secara off-line
2.      Pembayaran secara on-line
3.      Pembayaran secara giralisasi

Pembayaran Secara On-Line

Pada sistem pembayaran on-line, pelanggan melakukan pembayaran dengan dating ketempat bank penyelenggara yang telah ditunjuk oleh PT. PLN atau ATM bank yang bersangkutan. Dalam hal ini pelanggan dapat melihat besarnya tagihan listrik yang dibebankan padanya. Jika pelanggan melakukan pembayaran langsung, data tersebut akan terkirim ke MLPO (Mesin Layanan Publik Otomatis) yang ada pada PT. PLN kemudian secara otomatis DPP (Database Piutang Pelanggan) akan berubah lunas dan bukti pembayaran akan keluar pada saat itu juga.


Fasilitas Informasi Tagihan
 Di zaman yang semakin canggih, kini semua bisa dilakukan di rumah melalui internet. Pengguna listrik tidak perlu lagi khawatir dan bisa mempersiapkan pembayaran dari rumah sebelum membayar ke lokasi loket pembayaran PLN.

Fasilitas ini disediakan PLN dengan tujuan membantu para konsumen dalam memantau pengeluaran biaya listrik yang sudah digunakan secara Real Time (langsung). Adapun langkah-langkah mengecek tagihan listrik PLN secara online, adalah :
1.      Buka situs http://www.pln.co.id/
2.      Setelah itu, masukan 12 digit ID pelanggan, misalnya: 238890112***

3.      Kemudian klik tombol Cek, dan hasil pun akan di tampilkan.




 Contoh Struk Pembayaran Tagihan Listrik 










2 komentar:

  1. kwkwkwkkw,..memang sih sangat membantu untuk pelanggan PLN khususnya dalam proses pembayaran tagihan listrik,...tapi ada kelemahan di balik itu,.,tidak semua masyarakat bisa mengakses jaringan internet,..kita tahu kebanyakan di desa untuk akses internet sesuatu hal yang tidak mudah,..memang ada sebagian masyarakat yang mengandalkan anak atau saudaranya yang mengerti tentang itu,..tapi bila kita lihat dari kenyataannya pihak PLN perlu mengadakan penyuluhan ,....agar pihak desa atau masyarakatnya menyadari akan pentingnya suatu informasi dari internet,.... ^_^ good luck!

    BalasHapus